Polling

Bagaimanakah kinerja BPBD Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen (10/7)

Pentingnya kebutuhan air bersih sebagai penunjang kehidupan sangat vital perannya.  Disejumlah daerah Kabupaten Kebumen masih ditemukan wilayah kekurangan air bersih, karenanya BPBD Kabupaten Kebumen melakukan kegiatan Droping Air Bersih tahun 2018 dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan air bersih.

Selasa 10 Juli 2018, BPBD Kabupaten Kebumen melakukan droping air bersih di wilayah Kecamatan Buayan (Karangsari), Kecamatan Sruweng (Sidoagung), Kecamatan Pejagoan (Kebulusan).

Dalam melayani permintaan air bersih kepada masyarakat, BPBD Kabupaten Kebumen melalui mekanisme sebagai berikut :

1. Adanya surat Camat perihal permohonan droping air atau Surat Kepala Desa (diketahui Camat) perihal permohonan droping air bersih.  Dalam surat tersebut disebutkan lokasi titik droping dan jumlah jiwa serta KK terdampak kekeringan di wilayah tersebut.  Surat tersebut ditujukan kepada Bupati Kebumen Cq. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen

2. Berdasarkan surat permohonan tersebut, tim dari BPBD akan melakukan verifikasi lapangan dan akses jalan menuju titik droping memungkinkan dilakukan droping atau tidak.

3. Apabila memungkinkan maka lokasi/titik droping tersebut dimasukan dalam penjadwalan kegiatan droping air bersih minggu berikutnya.

4. Guna mengoptimalkan waktu droping air, teknis penyaluran air dari mobil tangki tidak diberikan ke ember atau jerigen melainkan pada tempat penampungan air sementara (toren, bak penampung, dll)

5. Apabila terdapat toren yang telah dipasang oleh BPBD, maka sebelum penyaluran droping air masyarakat diminta untuk melengkapi toren tersebut dengan kran air.

6. Dalam penyaluran droping air bersih di masing-masing titik ada penanggung jawab dari pihak masyarakat setempat.


Dihimbau kepada masyarakat yang menerima bantuan droping air bersih agar digunakan untuk kebutuhan pokok seperti memasak dan minum.